Medan,2 August 2019
Nama : Hamka Riza Ibrahim Nasution
Kelas : x ips2
Sejarah Perkembangan Komputer
A.Perkembangan Komputer
Medan,2 August 2019
Nama : Hamka Riza Ibrahim Nasution
Kelas : x ips2
Kelas : x ips2
Sejarah Perkembangan Komputer selalu mengalami perkembangan dari generasi ke generasi berikutnnya, selalu mengalami perubahan. dan bagaimana sejarah komputer sampai sekarang ini bisa terjadi.
Tentunya dibalik proses sejarah komputer dari jaman dulu hingga jaman sekarang, ada yang mengawali. Bisa kita sebut dengan penemu komputer, karena komputer sudah ada sejak dulu sampai sekarang ini.
Sejarah perkembangan dari generasi komputer dari dulu, mulai dari komputer generasi pertama, komputer generasi kedua, komputer generasi ketiga, komputer generasi keempat, sampai sekarang generasi sekarang ini, sudah terbagi menjadi 5 kali, perkembangan atau generasi komputer.
Apa saja sejarah pada masing-masing generasi perkembangan komputer? sebagai berikut.
SEJARAH KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1946-1959)
gambar komputer Generai Pertama
Sejarah komputer generasi pertama yaitu digital elektronik atau bisa di sebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Merupakan salah satu yang digunakan sebagai kebutuhan umum.
Sejarah komputer generasi pertama yaitu digital elektronik atau bisa di sebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Merupakan salah satu yang digunakan sebagai kebutuhan umum.
Program pada ENIAC, sudah di rancang pada tahun 1942, dan baru mulai di kerjakan pada tahun 1943 oleh John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan selesai pada tahun 1946.
Bentuk program ENIAC berukuran sangat besar, dalam penempatan program tersebut membutuhkan ruang sebesar 500m2. ENIAC memakai 18.000 tabung hampa udara, serta 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor dan menggunakan 70.000 resistor.
Ketika mulai dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik yang sangat besar yaitu 140 kilowatt. Dengan berat mesin lebih dari 30 ton, dan sangat memakan banyak ruangan 167 m2.
Perangkat lunak komputer yang pertama kali telah dikembangkan yaitu, komputer sebagai desain pesawat dan peluru kendali. Salah satu ilmuwan yang mengerjakan konsep pengembangan tersebut ialah Konrad Zuse, seorang Insinyur berasal dari Jerman.
Pada pertengahan tahun 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung bersama tim University Of Pennysylvania. Dalam proses membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik dalam merakit komputer.
Von Neumann mendesain EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik semacam ini, memungkinkan pembuatan komputer agar berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.
Von Neumann mendesain EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik semacam ini, memungkinkan pembuatan komputer agar berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.
Peran utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral CPU (Central processor unit), yang mampu semua fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri-ciri komputer generasi pertama adalah CPU.
Sejarah komputer generasi 1 memiliki ciri khusus, yaitu instruksi dalam mengoperasikan dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai program seperti kode-biner.
Masing-masing yang berbeda disebut dengan Machine Language (Bahasa Mesin). Hal ini menyebabkan program komputer sulit untuk diprogramkan dan membatasi kecepatannya.
CIRI-CIRI KOMPUTER GENERASI PERTAMA ADALAH:
Ukuran fisik hardware komputer lebih besar, memerlukan ruang yang luas.
Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
Membutuhkan daya listrik yang besar.
Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
Daya simpannya kecil.
Prosesnya kurang cepat.
Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.
Central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi 1 merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem komputer.
Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
Membutuhkan daya listrik yang besar.
Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
Daya simpannya kecil.
Prosesnya kurang cepat.
Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.
Central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi 1 merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem komputer.
Perangkat komputer yang pertama kali di kembangkan yaitu, desain komputer pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman.
Kemudian, pada pertengahan 1940an, sejarah komputer diubah lagi tersebut memulai perkembangan lebih lanjut, yang dilakukan oleh John von Neuman.
Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I adalah mesin pertama yang digunakan sebagai mengoperasi seluruh sistem komputer.
Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine language”.
SEJARAH KOMPUTER GENERASI KEDUA (1959 – 1964)
gambar komputer Generai kedua
Perubahan dalam Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua. Yaiut transistor, alat canggih yang mampu maksimalkan kinerja komputer hanya dengan ukuran yang sangat kecil.
Perubahan dalam Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua. Yaiut transistor, alat canggih yang mampu maksimalkan kinerja komputer hanya dengan ukuran yang sangat kecil.
Penemuan alat ini, mampu mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua, dengan cepat. Pada 1959-1960an, para ilmuwan memulai menggarap komputer generasi kedua.
Beberapa diantara intansi, perusahaan, universitas, dan pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Maksud dari penemuan komputer generasi 2 ini adalah transistor, yang mampu membuat sejarah komputer generasi kedua, berukuran lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
Mesin pertama yang menggunakan teknologi terbaru ini adalah super komputer. IBM telah membuat super komputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand dan membuat komputer bernama LARC.
Sejarah komputer yang dikembangkan di laboratorium energi atom, dapat mengatasi sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh para peneliti atom.
Harga mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks, sebagai kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membuat keterbatasan dalam kepopulerannya. Hanya ada dua LARC telah dipasang dan digunakan, satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
Komputer generasi kedua telah menggantikan posisi bahasa mesin dengan bahasa assembly. Dan Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singakatan sebagai pengganti kode biner.
Pada awal 1960an, mulai bermunculan sejarah komputer generasi yang kedua yang telah sukses meluncur di bidang bisnis, pada universitas dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini komputer yang sepenuhnya telah menggunakan Transistor.
Mereka juga mempunyai komponen yang dapat digabungkan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini yaitu jenis IBM 1401 yang telah diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua dalam memproses informasi keuangan bisnis.
Program yang telah dijalankan tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.
Komputer digital yang pertama memiliki ukuran bentuk yang sangat besar, serta biaya yang tinggi untuk membuatnya. fungsi komputer pada generasi ke dua kebanyakan hanya digunakan sebagai perhitungan ilmiah.
Sejarah Komputer pada generasi kedua juga sudah memiliki tempat sistem penyimpanan sendiri. Yaitu, Kapasitas memori utama di dapat dari. Magnetic Core Storage dan menggunakan bentuk simpanan luar, yang berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
Transistor dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih mudah dan efisien, sebagai switch dan dapat lebih diperkecil ke skala mikroskopik.
Pada tahun 2001 peniliti Intel telah mengenalkan silikon dalam bentuk paling kecil dan paling cepat di dunia, dengan ukuran sebesar 20 nanometer atau sebanding dengan ukuran sepermiliar meter, yang bisa digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz).
CIRI-CIRI KOMPUTER GENERASI KEDUA ADALAH:
Sudah menggunakan operasi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN.
Kapasitas memori utama telah dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
Memakai simpanan dari luar yang berupa magnetic tape dan magnetic disk.
Kemapuan dalam melakukan proses real-time dan real-sharing.
Ukuran fisiknya sudah lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
Kebutuhan terhadap daya listrik lebih kecil.
Orientasinya penggunaan program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah pada aplikasi teknik.
Pada era komputer generasi kedua, juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibanding dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 yaitu minikomputer pertama yang dibuat pada tahun 1964, sebagai pengolahan data komersial.
Kapasitas memori utama telah dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
Memakai simpanan dari luar yang berupa magnetic tape dan magnetic disk.
Kemapuan dalam melakukan proses real-time dan real-sharing.
Ukuran fisiknya sudah lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
Kebutuhan terhadap daya listrik lebih kecil.
Orientasinya penggunaan program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah pada aplikasi teknik.
Pada era komputer generasi kedua, juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibanding dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 yaitu minikomputer pertama yang dibuat pada tahun 1964, sebagai pengolahan data komersial.
Jenis-jenis komputer lain telah muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, 1107, dan SS90, IBM 1400, 7080, 7070, dan 1600.
Kelebihan dari komputer dizaman ini adalah bentuknya yang efisien yang tidak sebesar sebelumnya, komputer dalam generasi ini juga lebih luas dalam penerapannya kehidupan. Seperti aspek kesehatan, pendidikan, industri dan lain-lain.
Sedangkan kelemahan komputer pada masa ini adalah dalam segi transistor yang banyak menghasilkan panas yang cukup besar, yang akan berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer yaitu quartz rock (batu kuarsa).
Dalam bahasa assembly digunakan kode-kode semacam singkatan yang menggantikan kode biner. Komputer ini mampu menghitung daftar gaji, mendesain produk, mencetak data sehingga komputer generasi kedua ini sukses di pasaran.
SEJARAH KOMPUTER GENERASI KETIGA (1964 – 1970)
gambar komputer Generai ketiga
Komputer generasi ketiga adalah perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970an.
Komputer generasi ketiga adalah perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970an.
Dalam penggunaanya, transistor menjadikan kinerja komputer lebih cepat panas. Sehingga, membuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian salah satu seorang ilmuwan bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian.
Kemudian pada tahun 1958, dia telah menciptakan komponen yang lebih canggih lagi, dibandingkan dengan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Penemuannya Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu.
Pada generasi ketiga inilah sejarah komputer teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi salah satu ciri utama. Karena mulai familiar dan banyak digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang.
IC dibuat pertama kali oleh seorang bernama, Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang berisi hanya enam transistor saja. Bisa kita coba bandingkan dengan prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor.
Bahkan telah didesain prosesor yang memiliki miliaran transistor. Dari sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.
CIRI-CIRI KOMPUTER GENERASI KETIGA ADALAH:
Penggunaan listrik lebih hemat.
Peningkatan dari sisi software.
Harganya semakin murah.
Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
Karena telah menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih tepat dan cepat.
Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.
UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, IBM S/360, UNIVAC 1108, GE 600, CDC 3000, 6000, NCR Century, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuat yaitu dari Digital Equipment Corporation) Sejarah komputer, diatas merupakan contoh komputer generasi ketiga.
Peningkatan dari sisi software.
Harganya semakin murah.
Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
Karena telah menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih tepat dan cepat.
Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.
UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, IBM S/360, UNIVAC 1108, GE 600, CDC 3000, 6000, NCR Century, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuat yaitu dari Digital Equipment Corporation) Sejarah komputer, diatas merupakan contoh komputer generasi ketiga.
Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih simpel dan kecil. Pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.
SEJARAH KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1979 – 2000AN)
gambar komputer Generai keempat
Komputer generasi keempat adalah regenerasi dari generasi ke 3, perdaanya bahwa IC pada komputer generasi 4 lebih kompleks dan terintegrasi dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu generasi ketiga.
Komputer generasi keempat adalah regenerasi dari generasi ke 3, perdaanya bahwa IC pada komputer generasi 4 lebih kompleks dan terintegrasi dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu generasi ketiga.
Pada generasi keempat, komputer sudah mulai menggunakan chip IC, kemudian baru mulai dikembangkan lagi. Oleh perusahaan Very Large Scale Integration. Untuk mencoba mengerjakan pengembangan tersebut sejak tahun 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal mampu menampung ribuan komponen.
Sejak tahun 1970 muncul dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi 4. yang Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang bisa disebut dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration.
LSI merupakan sekumpulan pemadatan beribu-ribu IC, yang dijadikan satu pada sebuah keping IC yang bisa kita sebut dengan nama chip. Istilah penyebutan chip digunakan dalam menunjukkan suatu lempengan yang berbentuk, persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC.
LSI kemudian dapat dikembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat menampung puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu IC.
Kemudian dikembangkan lagi menjadi komputer mikro, yang menggunakan semikonduktor dan mikroprosesor yang berbentuk chip. Sebagai memori komputer internal sementara, sedangkan generasi sebelumnya hanya menggunakan magnetic core storage.
Perusahaan Intel dari mulai tahun 1971 telah memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang sudah menggunakan chip prosesor dengan sebutan 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi hingga 60.000 operasi per detik.
Dilanjutkan lagi pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer dengan nama 8008 yang mampu memproses 8 bit informasi hanya pada satu waktu. Selanjutnya dilanjut dengan mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan yang merupakan prosesor sebagai tujuan umum pertama yang berhasil dikembangkan.
Jika sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang hanya sebagai kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kinerja kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan lebih dalam pengalamatan yang lebih besar.
Sejarah komputer pada generasi keempat memiliki tampilan monitor, masih menggunakan satu warna (green color).
Komputer- komputer generasi keempat diantaranya adalah Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan IBM 370, Apple I dan Altair yang sudah menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).
CIRI-CIRI KOMPUTER GENERASI KEEMPAT ADALAH:
Menggunakan LSI (Large Scale Integration).
Dikembangkan komputer mikro yang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
Komputer generasi keempat diantaranya adalah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II
Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum memiliki standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).
Dikembangkan komputer mikro yang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
Komputer generasi keempat diantaranya adalah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II
Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum memiliki standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).
Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tentunya tidak hanya sampai di situ saja, muncullah perangkat komputer tebaru yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.
SEJARAH KOMPUTER GENERASI KELIMA (SEKARANG)
gambar komputer Generai kelima
Komputer generasi kelima yaitu pada saat sekarang ini, tengah banyak sekali dilakukan pengembangan oleh berbagai vendor elektronik. Komputer generasi kelima sering disebut dengan komputer generasi masa depan.
Komputer generasi kelima yaitu pada saat sekarang ini, tengah banyak sekali dilakukan pengembangan oleh berbagai vendor elektronik. Komputer generasi kelima sering disebut dengan komputer generasi masa depan.
Pada perkembangan selanjutnya akan ada bayak perubahan besar terjadi, bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan satu-satunya manufaktur PC-compatible.
Maka standar baru dalam dunia industri PC, akan lebih banyak di terapkan dan lebih dikembangkan oleh perusahaan lain. Seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W.Bill Gates yang saat ini telah menjadi pionir standar hardware dan software dunia.
Beberapa bukti diantaranya adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi, penemuan-penemuan terbaru pada saat ini yang bisa kita temui.
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima merupakan komputer, yang kita gunakan pada sekarang ini. Generasi ini ditandai munculnya. LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor di dalam sebuah microprocesor pada saat ini.
Selain itu, juga ditandai dengan munculnya semi conductor dan microprocessor.
Perusahaan yang telah membuat micro-processor di antaranya ialah perusahaan Intel Corporation, Zilog, Motorola, dan lainnya masih banyak lagi. Di pasaran dapat kita temui dengan mudah, dengan adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 80386, 8088, 80286, 80486, dan Pentium.
Pentium empat merupakan keluaran produksi terbaru dari perusahaan Intel Corporation yang diharapkan kedepanya dapat menutupi kekurangan dan segala kelemahan yang ada. Pada produk sebelumnya. selain itu, kemampuan serta kecepatan yang telah dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz.
Pada tahun 2001 Intel telah berhasil meluncurkan prosesor Itanium, merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama dari produk intel.
Itanium adalah prosesor pertama yang dimiliki Intel dengan instruksi 64 bit dan akan mengelurkan satu generasi terbaru mulai dari sistem operasi dan aplikasi, sementara itu produk intel masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit.
Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer mampu beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Pada saat sekarang ini komputer yang digunakan kebanyakan masih sering menggunakan yang berbasis 32 bit.
Pada generasi pentium, selain ciri khasus yang dimiliki dari peningkatan kinerja kecepatan akses datanya dan juga tampilan gambar sudah memiliki resolusi (kualitas gambar) sudah bagus dan berwarna serta multimedia juga mendukung, dan yang lebih penting lagi adalah fungsi komponen komputer menjadi lebih cerdas.
Meskipun komputer pada generasi saat ini, dengan ukuran fisik menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin pintar dan canggih dalam pengoprasiaya.
Pada generasi kelima ini, sudah dilakukan upaya pengembangan yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang dapat menggantikan chip. Yang dapat mempunyai kinerja kemampuan memproses trilyunan pengoperasi perdetik, sementara teknologi chip hanya bisa memproses miliaran operasi dalam perdetik.
Komputer pada generasi kelima akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat secara langsung berbicara dengan komputer serta adanya kemampuan dalam penghematan energi komputer.
Sifat yang luar biasa dapat disebut dengan “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis GUI (Graphic User Interface), multikomunikasi dan multimedia.
Contoh-contoh komputer yang telah lahir pada generasi kelima, yang sudah berbasis x86, seperti chip 286 yang telah diperkenalkan tahun 1982 dengan 134.000 transistor, selanjutnya chip 386 tahun 1983 dengan 275.000 transistor, kemudian chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang mempunyai 1,2 juta transistor.
Selanjutnya pada tahun 1993 Intel mulai mengenalkan keluarga dari prosesor 586 yang disebut dengan Pentium 1 serta jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Selanjutnya Kemudian dilanjutkan kepada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.
Gambar-gambar yang ditampilkan pada generasi ini menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses kinerja, dan dalam mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Dengan teknologi komputer yang ada pada saat ini, akan sulit untuk dibayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada pada saat ini saja, kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia” karena kecanggihan yang dimiliki.
Dari sisi teknologi dari beberapa ilmuan komputer dunia, memiliki keyakinan bahwa suatu saat akan tercipta, apa yang disebut dengan biochip, yang terbuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan seperti ini nantinya akan menjadi seperti manusia tiruan.
Sedangkan teknologi yang sedang dalam proses penelitian saat ini yaitu mikrooptik, serta input-output audio yang dapat digunakan kepada generasi komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer pada sekarang sedang memulai dalam mencoba merakit komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.
Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan dikembangkan pada masa yang akan datang.
CIRI-CIRI KOMPUTER GENERASI KELIMA ADALAH:
Masih menggunakan teknologi LSI, yang tentu saja memiliki banyak pengembangan
Fitur-fitur yang semakin banyak
Pemrosesan informasi yang jauh lebih cepat
Secara prinsip ciri-ciri komputer dimasa yang akan mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, berbicara, mendengar, dan lebih canggih lagi. Serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.
Fitur-fitur yang semakin banyak
Pemrosesan informasi yang jauh lebih cepat
Secara prinsip ciri-ciri komputer dimasa yang akan mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, berbicara, mendengar, dan lebih canggih lagi. Serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.
Ini berarti komputer generasi kelima memiliki kecerdasan buatan, yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil memiliki banyak sejarah komputer, yang dapat kita temui.
Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa pena dan kertas adalah alat tulis dan simbol yang secara alami kita terima, hanya tinggal masalah waktu saja sampai seseorang menemukan produk canggih terbaru dengan konsep pena pintar ataupun kertas pintar.
Nah mungkin sekian sejarah komputer yang harus kalian tahu, semoga contoh komputer generasi pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima yang sudah saya sampaikan dengan gambar komputer masing-masing, diatas dapat menambah wawasan kamu, sehingga dapat menjadikan sebuah sejarah makalah komputer yang selalu dikenang dan dipelajari.
B.Penemu Komputer
1. Charles Babbage
B.Penemu Komputer
1. Charles Babbage
Charles Babbage menjadi salah satu ilmuwan yang karyanya menjadi cikal bakal terciptanya perangkat yang disebut komputer. Charles yang lahir di London, Inggris pada 26 Desember 1792 merupakan anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker.
Pada 1811, Charles memasuki Trinity College di Cambridge. Disana, ia telah memiliki kemampuan matematika yang lebih baik dibandingkan pengajarnya. Ketika di usia 20 Tahun, Ia bekerja sebagai ahli matematika di bidang kalkulus. Charles juga terpilih menjadi anggota “Royal Society”, yang merupakan organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya. Disaat seperti inilah Charles memiliki ketertarikan pada mesin hitung hingga akhir hayatnya (18 Oktober 1871 di Inggris).
Charles terkenal sebagai matematikawan dari Inggris yang berhasil mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Salah satu karyanya yang terkenal adalah Mesin Penghitung (Difference Engine No.1) pada 1821 yang menjadi ikonik dalam sejarah perkembangan komputer dengan menciptakan kalkulator otomatis.
Ia mulai mengembangkan kembali mesin tersebut di 1832 dengan mengemukakan ide bahwa mesin itu bukan hanya dapat menyelesaikan satu jenis operasi saja, namun bermacam jenis operasi aritmatika sehingga mesin tersebut berganti nama menjadi Analytical Engine pada 1856. Hingga akhirnya, Charles dikenal sebagai Bapak Komputer.
2. Alan Turing
2. Alan Turing
Tokoh penemu komputer selanjutnya ialah Alan Turing. Alan Turing dikenal sebagai tokoh yang berperan dalam perkembangan komputer digital. Lahir dengan nama Alan Mathison Turing pada 23 Juni 1912 di Maida Vale, London. Ia merupakan anak dari kedua dari pasangan Julius Mathison Turing, seorang pegawai sipil di india dan Ethel Sara Stoney, yang merupakan anak dari pegawai kereta api.
Ketika berusia enam tahun, Alan Turing masuk ke sekolah tingkat dasar di St. Michael. Sejak saat itu, Ia sudah kelihatan jenius sehingga pemimpin sekolah merasa kagum atas kejeniusannya. Pada 1926, Alan Turing masuk di Sherborne School dan kemudian melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di Cambridge University dengan jurusan Matematika pada 1931.
Alan Turing mengemukakan ide tentang Turing Machine, yaitu sebuah mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah sederhana. Itulah yang menjadi cikal bakal terciptanya komputer modern. Setelah lulus dari Cambridge University, Ia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Princeton di Amerika Serikat hingga memperoleh gelar doktornya di tahun 1936.
Kemudian, Alan bekerja di Departemen Komunikasi Britania Raya. Disaat terjadinya Perang Dunia II (1939-1945), Ia diperintahkan untuk memecahkan informasi yang terdapat pada mesin enkripsi atau Enigma yang merupakan buatan Nazi Jerman. Ia berhasil memecahkan kode-kode tersebut dengan membuat mesin yang diberi nama “The Bombe” pada 1939. Ia meninggal pada 7 Juni 1954 di Woslow, Inggris dengan memakan apel yang mengandung racun sianida.
3. Howard Aiken
3. Howard Aiken
Howard Aiken adalah orang yang pertama kali menemukan sistem komputer. Ia lahir pada 8 Maret 1900 di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat. Ia merupakan anak tunggal dari pasangan Daniel H. Aiken dan Margareth Emily Mierisch-Aiken, yang merupakan keturunan imigran Jerman. Ia tumbuh di lingkungan Indianapolis dan disekolahkan di Arsenal Technical High School.
Setelah lulus, Aiken menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Wisconsin, Madison. Dari sanalah, Ia memperoleh gelar sarjana muda di bidang Electrical Engineering. Ia pernah bekerja di perusahaan Gas Madison, hingga Ia dipercaya sebagai kepala Engineer di perusahaan tersebut.
Kemudian, Aiken memutuskan untuk kembali melanjutkan pendidikannya pada 1935, hingga akhirnya memperoleh gelar Ph.D. dari Universitas Harvard. Selama pendidikannya, Ia membuat thesis dalam bidang fisika. Ia memikirkan mengenai konstruksi sebuah mesin dalam melakukan perhitungan. Melalui bantuan dari universitasnya, Aiken sukses mempengaruhi perusahaan IBM untuk mendanai proyek tersebut.
Aiken menemukan beberapa persamaan diferensial yang dapat diselesaikan secara numerik. Dimulai dari sinilah, Ia memiliki target untuk membuat mesin yang diberi nama Mesin Electro Mechanic, yang dapat membantunya menyelesaikan persamaan tersebut. Ia juga mendapat inspirasi dari penemuan mesin diferensial milik Charles Babbage. Pada 1970, Ia berhasil memperoleh penghargaan Edison Medal dari IEEE atas kontribusinya menjadi pionir dalam pengembangan komputer digital. Ia meninggal pada 14 Maret 1973 di St. Louis, Missouri.
4. John von Neumann
4. John von Neumann
John von Neumann adalah orang yang pertama kali mencetuskan virus komputer. Ia lahir di Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903. Ketika berusia 19 Tahun, Ia telah mampu merilis 2 buah paper matematika sekaligus. John von Neumann merupakan seorang matematikawan dari Hungaria-Jerman yang telah memberikan kontribusi dalam bidang fisika Quantum, analisis fungsional, teori himpunan, ilmu komputer, ekonomi dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan matematika.
Ia meraih gelar Ph.D. di bidang matematika dari Universitas Budapest ketika usianya 23 Tahun. Ditahun yang sama pula, Ia menempuh pendidikan teknik kimia di Swiss. John juga pernah menjadi dosen di Berlin, Jerman. Von Neumann banyak berkontribusi dalam sejarah komputer, dikarenakan pekerjaannya dalam mengembangkan bom hidrogen yang membutuhkan kalkulasi yang besar dan kompleks. Salah satu karyanya yang diabadikan adalah arsitektur von-neumann, yaitu arsitektur komputer yang banyak digunakan dalam sistem komputer non parallel.
Menjadi seorang matematikawan yang kreatif, John von Neumann telah berperan penting dalam teori ekonomi pasca perang. Ia berhasil menerbitkan “Theory of Games and Economic Behavior” pada 1944, dimana terdapat perincian teori matematis dari organisasi ekonomi dan sosial berdasarkan teori permainan strategi. Ia meninggal di Washington DC, Amerika Serikat pada 8 Februari 1957.
5. Konrad Zuse
5. Konrad Zuse
Konrad Zuse adalah seorang teknik sipil dan perintis komputer. Ia lahir di Berlin pada 22 Juni 1910. Ia merupakan anak dari petugas pos. Pada 1912, Ia ikut pindah bersama keluarganya ke Braunsberg, Prusia Timur. Kemudian di 1923, keluarganya pindah ke Hoyerswerda.
Zuse pernah terdaftar di Technische Hochschule Berlin-Charlottenburg untuk mempelajari teknik dan arsitektur. Akan tetapi, hal itu membuat Zuse bosan. Hingga Zuse kembali belajar teknik sipil dan lulus di 1935. Ia pernah bekerja untuk Ford Motor Company menggunakan keterampilan artistik untuk mendesain suatu iklan. Selain itu, Ia mulai bekerja sebagai insinyur desain di Henschel pabrik pesawat di Schonefeld dekat dengan Berlin.
Sejak 1935, Ia mulai melakukan eksperimen dalam membangun komputer. Hingga pada 1936, ia memulai penemuan pertamanya yang disebut dengan Z1, yang berupa floating point biner kalkulator mekanis yang dilengkapi dengan programmability. Ia berhasil menyelesaikan Z1 pada 1938. Namun, akibat dari serangan udara Inggris pada Perang Dunia II (30 Januari 1944), cetak biru Z1 asli hancur bersama dengan bangunan rumah orangtuanya.
Salah satu pencapaian terbesarnya adalah sebagai penyempurna Turing fungsional pertama yang dikendalikan oleh program Z3 yang mulai beroperasi pada Mei 1941, dimana program tersebut disimpan pada tape kertas. Pada tahun 1964, Ia memperoleh Werner-von-Siemens-Ring karena penemuan tersebut. Berkat penemuan itulah, Ia dianggap sebagai penemu komputer.
Selain dikenal sebagai penemu komputer, Zuse juga dikenal sebagai orang yang membuat sebuah bahasa pemrograman yang diberi nama Plankalkul. DImana bahasa tersebut terinspirasi dari Begriffsschrift. Plankalkul menjadi salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang terlengkap di dunia. Zuse mempublikasikan bahasa pemrograman tersebut pada 1948, dikarenakan adanya masalah saat Perang Dunia II.
Pada akhirnya, Plankalkul berhasil dipublikasikan kembali disertai dengan compiler pertama yang dibuat pada 1998. Keberhasilan Zuse membuatnya menjadi salah satu ilmuwan populer dan menjadi rujukan untuk menciptakan komputer digital modern. Ia meninggal pada 18 Desember 1995 di Jerman akibat gagal jantung.
6. Douglas Engelbart
6. Douglas Engelbart
Douglas dikenal sebagai penemu dari mouse komputer yang digunakan sampai sekarang. Ia lahir dengan nama Douglas Charles Engelbart pada 30 Januari 1925 di Oregon, Amerika Serikat. Douglas merupakan anak bungsu dari pasangan Carl Louis Engelbart dan Gladys Charlotte Amelia Munson Engelbart.
Setelah menempuh sekolah tingkat menengah, Douglas memutuskan untuk melanjutkan kembali pendidikannya di Oregon State University. Akan tetapi, sejak terjadinya Perang Dunia II, Ia memutuskan menjadi angkatan laut di bidang teknisi radar di Filipina selama 2 tahun. Disaat itulah, Ia terinspirasi dari buku As We May Think karya Vannevar Bush, dan mulai melanjutkan kembali pendidikannya hingga akhirnya Ia lulus dengan gelar sarjana teknik elektro pada 1948.
Selain itu, Douglas juga menyelesaikan sarjana di University of California Berkeley, dan mendapatkan gelar B. Eng pada 1952, kemudian mendapat gelar Ph.D. Di bidang teknik elektro dan ilmu komputer (EECS – Electrical Engineering and Computer Science).
Douglas mematenkan 12 paten atas nama dirinya. Ia pun mengajukan proposal untuk membangun projek dengan nama “Augmenting Human Intellect : A Conceptual Framework”. Project tersebut didanai oleh ARPA (Advanced Research Project Agency), yakni agen pemerintah Amerika dibawah Departemen Pertahanan yang bertujuan dalam pengembangan teknologi baru untuk militer.
Mengenai penemuan mouse itu, sebenarnya telah ada beberapa jenis alat yang dapat menggerakkan penunjuk layar, seperti pen light dan joystick. Namun, Douglas belum merasa puas hingga Ia mencoba memetakan karakteristik dari alat penunjuk yang telah ada dan membuat alat yang belum ada, itulah mouse yang dikenal sekarang ini. Sang penemu mouse menghembuskan napas terakhir pada 2 Juli 2013.
7. Leonard Kleinrock
7. Leonard Kleinrock
Leonard merupakan seorang ilmuwan terkenal di dunia. Berkat penemuannya, kini kehidupan manusia menjadi lebih modern karena adanya penemuan teknologi internet. Leonard Kleinrock lahir di New York, Amerika Serikat pada 13 Juni 1934. Ketertarikan Leonard membawanya masuk ke salah satu sekolah di Amerika Serikat, yaitu Bronx High School of Science pada 1951. Di sekolah itulah, Ia mengasah bakatnya dalam bidang teknologi, sehingga Ia sering melakukan percobaan pada jaringan komputer yang terdapat di sekolah tersebut.
Lulus dari Bronx High School of Science, Ia kembali melanjutkan pendidikannya di City College of New York dengan mengambil jurusan teknik elektro dan ilmu komputer. Hingga pada 1957, Ia berhasil memperoleh gelar Sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dari sekolah tersebut.
Tidak sampai disitu saja, Leonard Kleinrock melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yakni program Magister. Di Institut Teknologi Massachusetts, Ia mengambil bidang teknik elektro dan ilmu komputer juga. Dan pada 1963, Ia berhasil lulus dan mendapatkan gelar Ph.D.
Leonard Kleinrock dikenal karena besarnya kontribusi dalam dunia jaringan. Salah satu karyanya yang terkenal adalah teori pertukaran paket pada 1959 dan teori tentang pertukaran paket teknologi pada 1961. Pada 29 Oktober 1969, Ia menciptakan salah satu penemuan terbesar, yakni internet yang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. Leonard jugalah yang menjadi pelopor terbentuknya ARPANET, yang merupakan jaringan komunikasi digital.
Itulah sejarah singkat mengenai para tokoh yang dikategorikan sebagai penemu komputer. Dengan membaca artikel diatas dapat menambah wawasan Anda mengenai proses panjang penciptaan komputer oleh orang-orang hebat. Sehingga Anda bukan hanya menikmati komputer itu saja, melainkan dapat memberikan Anda inspirasi untuk dapat membangun teknologi secanggih komputer.
C.Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.D.Manfaat Komputer
C.Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.D.Manfaat Komputer
1. Media untuk mempermudah pekerjaan
Manfaat komputer yang pertama dari komputer adalah untuk mempermudah pekerjaan. Sejak awal penciptaannya, komputer memang dirancang untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan memanfaatkan komputer, pekerjaan akan semakin mudah, cepat, menghemat waktu, biaya dan tenaga.
Dengan adanya komputer, pekerjaan yang awalnya dikerjakan secara manual akan lebih efisien bila dikerjakan secara terkomputerisasi. Dengan Pekerjaan yang terkomputerisasi, tidak ada lagi berkas-berkas yang menumpuk karena komputer dapat menyimpan file di dalam hardisk dan mudah untuk mencarinya.
Dengan adanya komputer, pekerjaan yang awalnya dikerjakan secara manual akan lebih efisien bila dikerjakan secara terkomputerisasi. Dengan Pekerjaan yang terkomputerisasi, tidak ada lagi berkas-berkas yang menumpuk karena komputer dapat menyimpan file di dalam hardisk dan mudah untuk mencarinya.
2. Media untuk mencari informasi
Seiring semakin pesatnya perkembangan komputer didukung dengan adanya jaringan internet, maka fungsi komputer tidak hanya untuk memudahkan pekerjaan saja, tetapi betambah menjadi media untuk mencari informasi.
Dengan memanfaatkan komputer yang terhubung dengan jaringan internet kita akan dengan mudah dalam menemukan informasi. Hanya dengan memasukan kata kunci yang kita cari di search engine, dalam hitungan detik informasi yang kita cari akan muncul di halaman search engine (mesin pencari). Banyak situs mesin pencari yang populer dan dijamin keakuratannya seperti google, yahoo, bing dan yang lainnya.
Kini Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk bertanya kepada orang atau mencari di buku dalam mencari informasi tertentu. Semua informasi telah tersedia hanya dengan memanfaatkan komputer yang telah terhububg dengab internet.
Dengan memanfaatkan komputer yang terhubung dengan jaringan internet kita akan dengan mudah dalam menemukan informasi. Hanya dengan memasukan kata kunci yang kita cari di search engine, dalam hitungan detik informasi yang kita cari akan muncul di halaman search engine (mesin pencari). Banyak situs mesin pencari yang populer dan dijamin keakuratannya seperti google, yahoo, bing dan yang lainnya.
Kini Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk bertanya kepada orang atau mencari di buku dalam mencari informasi tertentu. Semua informasi telah tersedia hanya dengan memanfaatkan komputer yang telah terhububg dengab internet.
3. Sarana penunjang pendidikan
Bagi sebagian orang yang berprofesi guru seperi saya, peran komputer sangat membantu sekali dalam menyampaikan materi pendidikan yang berbasis IT. Dengan menggunakan komputer sebagai media dalam pembelajaran, suasana menjadi lebih hidup dan tidak lagi monoton dengan ceramah di depan kelas. Hanya dengan menyajikan video interaktif, simulasi dan program presentasi melalui komputer, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.
Bagi siswa sendiri, manfaat komputer sangat penting dalam menunjang kegiatan belajar. Berkat adanya aplikasi-aplikasi pintar yang dipasang di dalam komputer, siswa menjadi lebih mudah dalam menggali ilmu. Peran buku manual pun dapat diganti dengan buku elektronik (ebook), bahkan sebagian sekolah-sekolah telah menerapkan pepustakaan digital yaitu perpustakaan yang berbasis komputer. Dengan berubahnya stigma pendidikan yang berbasis komputer, diharapkan dapat memudahkan bagi guru dan siswa dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajar.
Bagi siswa sendiri, manfaat komputer sangat penting dalam menunjang kegiatan belajar. Berkat adanya aplikasi-aplikasi pintar yang dipasang di dalam komputer, siswa menjadi lebih mudah dalam menggali ilmu. Peran buku manual pun dapat diganti dengan buku elektronik (ebook), bahkan sebagian sekolah-sekolah telah menerapkan pepustakaan digital yaitu perpustakaan yang berbasis komputer. Dengan berubahnya stigma pendidikan yang berbasis komputer, diharapkan dapat memudahkan bagi guru dan siswa dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajar.
4. Media komunikasi
Jika dulu orang hanya memanfaatkan telepon dan radio sebagai alat komunikasi, tetapi kini komputer bisa dijadikan sebagai alat komunikasi. Hanya dengan memanfaatkan komputer yang terhubung dengan jaringan internet, kita dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer lain.
Kita bisa berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh sekalipun. Kita bisa berkomunikasi lewat tulisan, suara bahkan kita bisa bertatap muka langsung melalui fasilitas video streaming. Dengan makin merebaknya aplikasi-aplikasi chatting dalam komputer, kini semakin mudah orang untuk melakukan komunikasi.
5. Media Hiburan
Manfaat komputer yang berikutnya adalah sebagai media hiburan. Komputer tidak hanya berfungsi untuk membantu dalam suatu aktivitas yang serius, tetapi juga bisa digunakan sebagai alat atau media untuk hiburan.
Ada berbagai jenis hiburan yang bisa kita manfaatkan dari komputer, seperti menonton film atau video, bermain game, mendengarkan musik. Apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan internet, maka banyak situs-situs yang menawarkan pengguna untuk menikmati hiburan yang disediakan.
Ada berbagai jenis hiburan yang bisa kita manfaatkan dari komputer, seperti menonton film atau video, bermain game, mendengarkan musik. Apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan internet, maka banyak situs-situs yang menawarkan pengguna untuk menikmati hiburan yang disediakan.
6. Lahan Usaha
Meskipun untuk memiliki sebuah komputer kita harus merogoh kocek yang mahal, tapi disisi lain komputet juga bisa kita manfaatkan untuk mencari uang yaitu dengan membuka usaha. Ada banyak lahan usaha yang memanfaatkan komputer, usaha tersebut antara lain rental komputer, warnet, kursus komputer, programmer, video editing, percetakan dan lain sebagainya.
Apalagi di jaman sekarang telah menjamur suatu bisnis yang memanfaatkan komputer untuk jual beli yang disebut bisnis online. Hanya dengan memanfaatkan komputer yang terhubung internet, kita bisa menjual produk kita yang tentunya dapat menghemat biaya, tempat, uang dan tenaga. Hanya dengan duduk manis di depan layar komputer, dengan sendirinya pembeli akan memesan barang yang akan mereka beli.
Apalagi di jaman sekarang telah menjamur suatu bisnis yang memanfaatkan komputer untuk jual beli yang disebut bisnis online. Hanya dengan memanfaatkan komputer yang terhubung internet, kita bisa menjual produk kita yang tentunya dapat menghemat biaya, tempat, uang dan tenaga. Hanya dengan duduk manis di depan layar komputer, dengan sendirinya pembeli akan memesan barang yang akan mereka beli.
7. Alat Kontrol
Manfaat komputer di zaman sekarang dapat dijadikan sebagai alat kontrol dalam berbagai hal. Mulai dari mengontrol bisnis di suatu perusahaan, mengontrol keuangan hingga mengontrol alat-alat yang lainnya yang sudah terintegrasi dengan komputer. Berkat adanya komputer, segala aktivitas bisa dikontrol dengan mudah tanpa memikirkan ruang dan waktu.
Contoh penggunaan komputer sebagai alat kontrol bisa kita lihat di pabrik-pabrik yang memanfaatkan komputer untuk mengontrol penggunaan alat-alat produksi yang digunakannya. Contoh berikutnya juga bisa kita temui di Rumah Sakit yang menggunakan komputer untuk mengontrol kesehatan seseorang. Contoh lainnya adalah seorang pengusaha dapat mengontrol kegiatan bisnisnya walaupun pengusaha tersebut berada di tempat yang sangat jauh.
Itulah beberapa manfaat dan fungsi dari komputer. Manfaat komputer yang Saya tulis disini hanyalah sebagian saja, masih banyak manfaat lain dari komputer. Pada intinya manfaat komputer dapat dirasakan oleh setiap orang yang menggunakannya. Tentunya dalam penggunaan komputer dikembalikan kepada pribadi masing-masing, apakah penggunaan komputer itu untuk hal-hal yang positif atau malah menggunakan komputer untuk hal-hal yang negatif. Pada akhirnya kebijakan pengguna komputerlah yang menjadi penentu dalam memanfaatkan komputer.E.Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
1. Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain sebagainya. Dalam istilah bahasa Indonesia, motherboard diterjemahkan sebagai ‘papan induk’, atau sering juga disingkat menjadi mobo.
Motherboard sendiri terdiri dari berbagai macam komponen, seperti konektor power, slot prosesor, north bridge controller, dan socket memori. Motherboard memiliki bentuk seperti papan sirkuit elektronik yang berguna sebagai tempat lalu-lintas data. Dengan adanya motherboard, semua perangkat dalam komputer saling terhubung dan dapat bekerjasama sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.
2. Processor
Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.
Pada dasarnya, processor berfungsi untuk memproses inputan data menjadi keluaran berupa output. Processor sendiri terletak pada motherboard. Terdapat tiga bagian penting dari processor, yaitu Arithmatics Logical Unit (ALU) yang berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika sesuai instruksi program, Control Unit (pengatur input dan output data), serta Memory Unit (alat penyimpan data).
3. Hard Disk
Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder. Dalam sebuah harddisk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi menampung data-data secara magnetis.
Berbeda dengan RAM yang menyimpan data atau intruksi secara sementara (hilang ketika komputer dimatikan), harddisk akan menyimpan data seperti musik, dokumen, gambar, video, dll secara permanen (tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan, kecuali dihapus pengguna).
Secara umum, terdapat tiga jenis harddisk di pasaran, yaitu IDE (Integrated Drive Electronics), ATA (Advanced Technology Attachment), dan SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Ketiganya memiliki keunikan masing-masing, perbedaannya terdapat pada kecepatan putaran piringan yang berpengaruh terhadap kecepatan pengambilan data dalam komputer. Untuk memasang harddisk, perlu diperhatikan dukungan motherboard. Misalnya, jika yang kita miliki adalah harddisk jenis SATA, maka perlu dipasang pada motherboard yang memiliki port SATA juga.
4. PC Cooler/ Heatsink
PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Agar proses mendinginkan panas yang dihasilkan komputer bisa berlangsung secara optimal, heatsink harus dipasang di atas processor, kemudian juga diberikan gel atau pasta agar heatsink ini bisa menempel dengan baik.
Biasanya, heatsink juga dilengkapi dengan kipas yang mempercepat proses pendinginan. Pada perangkat komputer, heatsink yang digunakan biasanya berbahan aluminium yang memiliki konduktivitas panas tinggi sehingga cepat mendinginkan perangkat. Mengingat panas pada komputer dapat merusak hardware lain di dalamnya, maka peranan heatsink ini sangatlah penting.
5. Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
Kualitas monitor tergantung berdasarkan beberapa aspek, seperti resolusi, waktu respons, tingkat kecerahan, pixel pitch, dan perbandingan kontrasnya. Resolusi sendiri merupakan jumlah pixel yang ditampilkan oleh monitor.
Semakin banyak jumlah pixel, maka semakin tinggi resolusi monitor. Waktu respon (dihitung dalam milidetik) merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membuat pixel mati atau menyala. Pixel pitch menggambarkan jarak (dalam mm) antara pixel-pixel pada sebuah monitor. Rata-rata pixel pitch sebaiknya kurang dari atau sama dengan 0,28 mm.
6. SSD
SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu harddisk. SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD juga memiliki fungsi yang sama seperti hard disk, namun sedikit berbeda dengan hard disk. Data pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip tersebut memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD). Dalam segi harga, SSD lebih mahal daripada HDD meskipun dengan kapasitas yang sama.
Dibandingkan dengan HDD, SSD memiliki kelebihan berupa akses yang lebih cepat, lebih tahan terhadap guncangan, serta tidak mudah panas. Hanya saja, harganya lebih mahal, sebanding dengan kelebihan yang didapat dan biasanya SSD memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar. Untuk Anda yang mengutamakan kapasitas besar, pilihlah komputer dengan fasilitas penyimpan HDD. Namun jika Anda lebih mementingkan perlindungan data dari guncangan, komputer dengan media penyimpanan SSD dapat dipertimbangkan.
7. VGA Card
VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit). Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer maupun designer. Ada beberapa jenis VGA Card yang bergantung pada slot yang tersedia pada motherboard:
- VGA Card ISA : memiliki bentuk lebih panjang dari VGA lainnya, banyak digunakan motherboard tipe lama dengan kapasitas sangat kecil. Digunakan komputer sebelum seri pentium.
- VGA Card PCI : versi lebih baru dari ISA, digunakan komputer pentium keluaran awal seperti pentium II, III, dan beberapa IV tipe lama.
- VGA Card AGP : memiliki kapasitas yang sudah lumayan besar (128 MB, 256 MB, dsb)
- VGA Card PCI Express : dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu PCI Express 16x (bandwith maksimal 4000 MB/s) dan PCI Express 1x (bandwith maksimal 250 MB/s) .
8. Optical Drive
Optical drive merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, seperti : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.
Kecepatan untuk melakukan transfer data pada optical drive disimbolkan dengan ‘x’. Misalnya saja, untuk CD-RW, ada 3 kelompok angka yang digunakan untuk memberi info kecepatan transfer data, seperti contohnya 48x, 32x, 52x. Tiga angka tersebut menunjukkan kecepatan untuk hal yang berbeda, 48x yang terletak paling depan menunjukkan kecepatan menulis/merekam data, 32x yang berada di tengah menunjukkan kecepatan memformat ulang (register write), sementara 52x menunjukkan kecepatan pembacaan.
9. Power Supply
Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply bisa dibilang jantung komputer, jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.
Jarang orang memperhatikan perangkat keras yang satu ini karena posisinya tertutup casing, namun power supply atau PSU merupakan komponen yang mempengaruhi performa keseluruhan dan daya tahan sistem komputer.
Jika power supply tidak bekerja dengan baik, maka akibatnya komputer bisa menjadi tidak stabil atau bahkan rusak karenanya. Pilihlah power supply yang sesuai dengan kebutuhan watt komputer Anda, pastikan juga power supply bukan barang bekas, karena komponen elektronik memiliki waktu terbatas, bisa jadi jika membeli bekas, waktu hidupnya tinggal sebentar saja.
10. RAM
RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.
Dengan menggunakan RAM, pengguna komputer dapat menulis dan membaca data dalam waktu bersamaan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih RAM. Pilihlah RAM dengan kapasitas besar, karena semakin besar kapasitasnya,semakin cepat pula sebuah komputer melaksanakan perintah yang diberikan.
Saat ini, kapasitas minimal yang harus Anda miliki adalah RAM sebesar 2GB (untuk komputer & laptop), di masa mendatang pun perangkat lunak semakin berkembang dan membutuhkan kapasitas memori yang semakin besar. Pilih juga RAM yang menawarkan garansi seumur hidup (lifetime).
11. Keyboard
Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan angka. Terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.
- Keyboard QWERTY : Tata letak huruf-huruf pada keyboard ini ditemukan pertama kali pada tahun 1878. Keyboard QWERTY menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. Hingga saat ini, paling banyak komputer pun menggunakan keyboard QWERTY.
- Keyboard DVORAK : Ditemukan pada tahun 1932, dengan susunan lebih menekankan jari bagian kanan yang lebih banyak bekerja, sehingga mengurangi kelelahan saat pengetikan.
- Keyboard KLOCKENBERG : Keyboard yang terpisah antara bagian kiri dan bagian kanannya. Kedua keyboard terpisah dengan sudut kira-kira 15 derajat yang tujuannya untuk membuat nyaman penggunanya.
- Keyboard Alphabetic : Disusun dengan urutan alfabet secara teratur A-Z.
- Keyboard Numeric : Untuk memasukkan data angka dalam jumlah besar sehingga lebih nyaman. Pada keyboard komputer, terdapat di bagian kanan, sering digunakan misalnya pada komputer kasir.
12. Mouse
Seperti halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai alat input. Mouse berfungsi menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai seekor tikus. Seringkali mouse juga disebut dengan istilah ‘tetikus’ dalam bahasa Indonesia. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, diantaranya adalah : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.
Douglas Engelbart adalah orang yang pertama kali mengembangkan mouse yang dibuat dari kayu dengan satu tombol. Selanjutnya pada tahun 1970 mouse kembali dikembangkan olehnya menjadi mouse yang dapat mengindikasikan posisi X-Y pada layar. Mouse memiliki banyak fungsi, diantaranya untuk menginput dan memberikan perintah pada komputer, sebagai penggerak pointer atau kursor ke layar komputer, untuk memperbesar atau memperkecil tampilan layar, untuk menggulirkan (scroll) halaman pada layar, dan lain sebagainya.
13. Printer
Sama halnya dengan monitor, printer merupakan perangkat keras yang tergolong sebagai alat output. Printer berfungsi mencetak hasil pengolahan data berupa teks/ gambar di atas kertas(hard copy). Pada awalnya printer memang hanya digunakan untuk mencetak dokumen, namun semakin lama, printer semakin dikembangkan untuk fungsi-fungsi lainnya. Misalnya saja, ada printer yang juga dapat sekaligus berfungsi untuk memindai dokumen (scanning), untuk mengirimkan dokumen seperti layaknya mesin fax, hingga untuk fotokopi suatu dokumen.
Printer hingga saat ini masih sangat dibutuhkan terutama untuk mencetak dokumen-dokumen akademik, organisasi, dan perkantoran. Berdasarkan teknologi yang digunakan saat ini, jenis-jenis printer yang banyak ditemui adalah printer Dotmatrix, printer Inkjet dan printer Laserjet.
14. Sound Card
Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi mengolah data berupa audio ataupun suara. Pada awalnya, sound card hanyalah pelengkap komputer, namun saat ini sound cardmerupakan perangkat yang harus dimiliki oleh pengguna komputer. Salah satu Sound Card yang sangat populer di Indonesia adalah Sound Blaster, yang dibuat oleh Creative Labs. Ada 3 macam sound card jika dilihat dari cara pemasangannya, yaitu :
- Sound Card Onboard : dipasang menempel langsung dengan motherboard komputer.
- Sound Card Offboard : dipasang melalui slot ISA/PCI yang ada pada motherboard.
- Sound Card External : dipasang dengan penyambungan melalui port external (USB/FireWire).
15. Scanner
Scanner merupakan perangkat keras yang mempunyai cara kerja yang hampir sama seperti fotokopi. Sedikit berbeda dengan cara kerja fotokopi, scanner berfungsi merubah hard file (hard copy) menjadi digital file (soft copy) yang dapat diolah di komputer. Scanner bentuknya juga bermacam-macam dengan kegunaan yang bervariasi. Berikut merupakan macam-macam scanner yang ada di pasaran :
- Scanner Drum : seperti namanya, bentuknya tabung menyerupai drum. Salah satu jenis scanner dengan resolusi gamber super tinggi, dapat mencapai 24000 piksel per inci. Banyak digunakan untuk scan dokumen kuno, karena sangat minim getaran sehingga tidak merusak dokumen serapuh apapun. Walau begitu, ukurannya sangat besar dan harganya pun sangat mahal.
- Scanner Flatbed : Berbentuk rata dan datar, merupakan scanner yang paling banyak digunakan di perkantoran, bisnis fotokopi, dan lainnya. Cocok untuk digunakan sehari-hari , hemat listrik dan daya, dengan hasil resolusi objek cukup baik.
- Scanner Film : berfungsi untuk memindai film negatif.
- Roller Scanner : berfungsi memindai dokumen dengan menggerakkan dokumennya secara memutar seperti layaknya printer.
16. Proyektor LCD
Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang biasanya digunakan untuk menampilkan video maupun gambar dari komputer pada sebuah layar maupun pada bidang yang memiliki permukaan datar yang umumnya berwarna putih. Untuk menampilkan video/ gambar, proyektor LCD mengirimkan cahaya dari lampu halida logam lalu diteruskan ke dalam prisma dimana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.
Proyektor LCD merupakan pengembangan dari teknologi proyektor sebelumnya, yaitu OHP (Overhead Projector) yang menampilkan data yang ditulis pada kertas bening. Dahulu, proyektor OHP ini sering digunakan untuk menampilkan presentasi di dunia akademik maupun perkantoran. Kini proyektor OHP sudah digantikan sepenuhnya oleh proyektor LCD yang dapat membaca data dari komputer.
17. Modem
Modem mempunyai kepanjangan Modulator Demodulator. Modem sendiri berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dikonversi oleh modem menjadi data yang berbentuk sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar yang berbentuk sinyal analog, modem akan mengubahnya kembali menjadi data yang berbentuk digital agar dapat diolah oleh komputer. Terdapat berbagai jenis modem yang dapat dipilih oleh para pengguna komputer, misalnya saja :
- Modem ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) : modem jenis ini memungkinkan pengguna mengakses internet menggunakan telepon analog secara paralel.
- Modem kabel : modem jenis ini dapat menerima data langsung dari penyedia layanan TV kabel
- Modem CDMA : modem jenis ini menggunakan frekuensi 800 MHz (frekuensi CDMA), yang kini dikembangkan menjadi frekuensi EVDO Rev-A (setara dengan 3G).
- Modem Satelit : jenis modem yang dihubungkan oleh terminal satelit untuk berkomunikasi dengan ISP.
- Modem GSM : modem dari penyedia layanan telepon selular.
18. NIC/ LAN Card
NIC atau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan, baik jaringan lokal atau jaringan internet. Saat ini terdapat dua jenis NIC yang diketahui, diantaranya NIC bersifat fisik (contoh : NIC Ethernet, Token Ring, dll ) dan NIC bersifat logis (contoh : Loopback Adapter dan Dial-up Adapter).
NIC sering disebut juga sebagai network adapter. Setiap NIC memiliki nomor alamat yang disebut dengan MAC Address, yang mampu diubah oleh penggunanya. NIC bekerja dengan cara mengubah aliran paralel pada komputer menjadi bentuk seri, sehingga dapat ditransmisikan melalui jaringan internet. Komputer dapat berinteraksi dengan NIC menggunakan beberapa metode, seperti : input-output yang dipetakan pada memori, DMA (Direct Memory Access), atau memori yang digunakan bersama.
19. Speaker
Speaker merupakan perangkat yang terbuat dari logam, membran, kumparan serta magnet. Speaker mempunyai peranan penting dalam mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara. Speaker dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika didukung oleh perangkat yang bernama sound card. Speaker sebagai perangkat keras komputer memiliki bagian-bagian berikut :
- Sekat Rongga (Conus) : berguna untuk menghasilkan gelombang tekanan yang disebabkan oleh gerakan udara karena bergeraknya kumparan. Gelombang inilah yang nantinya terdengar sebagai suara.
- Membran : berfungsi menerima induksi magnet yang menghasilkan gelombang bunyi akibat getaran.
- Magnet : menghasilkan medan magnet dan melakukan induksi terhadap membran.
- Kumparan : mengalirkan energi menuju sekat rongga.
- Casing : melindungi seluruh bagian dalam speaker.
20. Webcam
Webcam merupakan kamera digital yang dihubungkan ke komputer. Kebanyakan webcam saat ini menyatu dengan layar laptop. Webcam juga biasanya digunakan untuk mengambil gambar maupun video melalui jaringan internet. Terdapat berbagai jenis-jenis webcam yang bisa dipilh berdasarkan kegunaannya, misalnya saja :
- Serial and Parallel Port WebCam : jenis webcam paling tua dan sudah jarang ditemukan lagi, webcam jenis ini menghasilkan gambar dengan kualitas dan frame rate yang masih rendah.
- USB Webcam : webcam jenis ini dapat digunakan pada semua komputer yang memiliki USB port.
- Firewire and Card Based Webcam : frame rate tinggi, dapat menghasilkan 24-30 frame per detik.
- Network and Wireless Camera : Perangkat kamera yang langsung terhubung ke jaringan melalui modem.
21. Card Reader
Card reader digunakan untuk membaca data-data yang tersimpan di dalam memory card dengan cara mentransfernya ke komputer. Biasanya, laptop sudah memiliki slot card readertersendiri, memory card tinggal dipasang ke dalam slot tersebut untuk membaca data-data di dalamnya. Berbeda dengan komputer yang harus dilengkapi dengan tambahan card reader eksternal yang kemudian dihubungkan dengan port USB.
Untuk bisa membaca sebuah memory card, maka slot pada card reader harus menyesuaikan dengan jenis memory card. Memory card sendiri ada banyak jenisnya, seperti mini SD, micro SD, XD Card, Memory Stick Pro, Memory Stick Micro, MMC, dan RS-MMC. Perbedaan jenis memory card tersebut ada pada ukuran fisiknya serta kapasitas yang dimiliki. Untuk dapat mengakses data di dalam suatu memory card, biasanya terdapat beberapa slot dengan ukuran berbeda pada card reader yang memungkinkan kartu memori berbagai ukuran dapat dibaca.
22. UPS
Uninterruptible Power Supply (UPS) merupakan perangkat keras yang berguna untuk menyimpan arus listrik dan kemudian mengalirkannya pada perangkat komputer secara kontinu. UPS sangat berguna untuk mereka yang menggunakan komputer untuk bekerja. Dengan alat ini, jika seandainya listrik mati tiba-tiba, komputer akan tetap menyala dalam beberapa waktu sehingga memungkinkan penggunanya untuk menyimpan hasil pekerjaan.
Selain itu, UPS juga berfungsi untuk menjaga agar komponen perangkat keras komputer tidak mudah rusak. Listrik yang mati tiba-tiba akan menyebabkan aliran arus ke komputer terputus, sehingga komputer mati secara langsung. Komputer yang sering mati dengan cara ini akan lebih rentan terhadap kerusakan, terutama kerusakan di bagian harddisk dan perangkat lainnya.
23. Joystick
Joystick merupakan perangkat keras komputer tipe input yang memiliki bentuk fisik seperti tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Dengan menggunakan joystick, pengguna komputer mampu mentransmisikan arah baik secara dua dimensi maupun tiga dimensi. Joystick umumnya digunakan sebagai perangkat pelengkap untuk bermain video game. Selain itu, banyak pula diimplementasikan pada kursi roda bermotor dan truk.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli joystick. Pertama, pastikan joystick yang akan dibeli fiturnya didukung oleh motherboard komputer. Periksa juga port yang digunakan oleh joystick, umumnya joystick menggunakan port USB dan port paralel. Pastikan pula joystick dalam keadaan baik, lengkap, tidak cacat, juga memiliki garansi.
24. Microphone
Microphone berfungsi untuk menangkap gelombang suara, kemudian mengubahnya menjadi sinyal listrik analog yang dapat dipahami oleh komputer. Selanjutnya sinyal ini dapat diolah sesuai dengan keinginan. Berdasarkan karakteristiknya, microphone dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
- Microphone Omnidirectional : dengan sensitivitas di segala arah.
- Microphone Bidirectional : berbentuk seperti angka 8, memiliki daerah sensitivitas dua arah di bagian depan dan belakang microphone.
- Microphone Directional : hanya memiliki sensitivitas ke arah depan dan sudut kecil di sekitarnya.
Gelombang suara yang membentur daerah diafragma pada microphone akan membuat diafragma bergetar, kemudian menimbulkan sinyal listrik akibat adanya kumpulan coil (kawat) yang berada di belakang diafragma tersebut. Sinyal inilah yang kemudian mengalir pada amplifier atau alat perekam suara pada komputer atau perangkat elektronik lainnya.
25. ZIP Drive
ZIP Drive merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan dalam bentuk disk. Awalnya, ZIP Drive dibuat dengan kapasitas 100 MB, kemudian ditingkatkan hingga 250 MB dan akhirnya 750 MB. ZIP Drive mencapai masa puncak popularitasnya pada tahun 1994, karena pada masa itu kapasitas yang dimiliki masih terbilang besar untuk harga yang sangat murah. Beberapa pemasok komputer besar seperti Apple dan Dell bahkan melengkapi komputer mereka dengan ZIP Drive internal.
ZIP Drive mulai mengalami penurunan penjualan pada tahun 1999-2003 karena adanya CD-R dan DVD RW yang menggantikan posisinya sebagai perangkat penyimpan data dengan kapasitas yang jauh lebih besar.
Itulah beberapa macam perangkat keras atau hardware pada komputer yang perlu anda ketahui. Perangkat-perangkat keras diatas merupakan yang paling umum saja, ada juga perangkat keras jaringan yang fungsi utamanya digunakan untuk keperluan jaringan, seperti hub, switch, access point dan lain sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar