Senin, 16 September 2019

PERANGKAT MASUKAN (INPUT DEVICE)

September 16th,2019

Nama: Hamka Riza Ibrahim Nasution
Kls:xips2
Noabsen:15
UNIT MASUKKAN ( INPUT DEVICE )
~PENGERTIAN INPUT DEVICE
     Secara umum Input device adalah perangkat masukan pada personal komputer yang berfungsi untuk memasukan perintah dari pengguna komputer baik berupa perintah teks, gambar, maupun suara yang nantinya akan di oleh kembali oleh perangkat processing untuk di tampilkan oleh perangkat penampil, atau output device.
~FUNGSI INPUT DEVICE
    Input device pada komputer mempunyai fungsi memberikan masukan perintah kepada memori dan professor sebuah komputer untuk di olah sehingga menghasilkan data dan informasi yang kita perlukan.
~ KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
• Keuntungan: 
-Lebih baik keamanan (tidak dapat dicuri dengan mudah sebagai password). 
-Tidak menghafal password oleh pengguna. 
Non-dipindahtangankan.
•
Kekurangan: 
-Segera atau lambat seseorang akan mendapatkan tangan mereka cincang dari oleh seorang kriminal yang ingin menggunakannya untuk mendapatkan melalui sistem keamanan biometrik. 
-Retina sistem pemindaian, masih nyaman untuk pengguna (cahaya terlalu terang dan Anda harus tetap mata Anda sampai kamera dan tahan di sana).
1. KEYBOARD
        Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.
• KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelemahan dan Kelebihan
Setelah kita belajar jenis dan fungsi keyboard tak lengkap rasanya kalo tidak belajar kelemahan dan kelebihan keyboard sob. Jadi sekalian kita belajar kelemahan dan kelebihan keyboard sob.
1. Kelemahan Keyboard
a. Keyboard QWERTY
- 48 persen dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan.
- 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari pada keyboard).
- Beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (56 persen).
- Pengetikan huruf a yang cukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.
b. Keyboard DVORAK
- Tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dari pada tangan kiri.
c. Keyboard KLOCKENBERG
- Bagian kiri dan kanan terpisah sehingga lebih banyak memakan ruang.
d. Keyboard MALTRON
- Bentuknya tak sperti keyboard pada umumnya.
e. Keyboard ALPHABETIC
- Bagi pengguna tukang ketik, tata letak ini justru memperlambat kecepatan mengetik.
f. Keyboard NUMERIC
- Untuk memasukkan angka dalam jumlah besar
- Hanya digunakan untuk memasukkan angka
2. Kelebihan Keyboard
a. Keyboard QWERTY
Meskipun tata letak QWERTY sangat luas pemakaiannya
b. Keyboard DVORAK :
- Mengurangi kelelahan pada saat mengetik.
c. Keyboard KLOCKENBERG
- Tombol-tombol yang dibuat lebih dekat(tipis) dengan meja kerja.
- Mengurangi beban otot pada jemari dan pergelangan tangan.
- Mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.
d. Keyboard MALTRON
- Dapat meningkatkan kecepatan mengetik
- Bentuk keyboard ini menyesuaikan tangan
e. Keyboard ALPHABETIC
- Susunan huruf sesuai alphabetic.
- Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, mungkin tata letak ini sangat membantu. Misalnya untuk mengajarkan anak-anak untuk mengenal huruf alphabet.
f. Keyboard NUMERIC
- Untuk memasukkan angka dalam jumlah besar
- Tata letak dapat dijangkau tangan
~ FUNGSI KEYBOARD
Fungsi Keyboard Dilihat Dari Varian Tombol
     Keyboard, mempunyai fungsi utama sebagai alat ketik, sesuai dengan namanya yaitu papan ketik. Keyboard bertugas untuk menampilkan angka, huruf, dan simbol pada layar monitor komputer Anda yang kemudian dicetak menjadi dokumen atau memang sengaja dibuat sebagai data digital di komputer. Keyboard pada dasarnya tidak selalu mengeluarkan output berupa angka, huruf, dan simbol. Beberapa tombol memang didesain untuk berfungsi sebagai suatu perintah. Sebagai contoh, ada tombol escape yang berfungsi untuk keluar dari aplikasi atau program yang sedang Anda jalankan. Kemudian ada pula tombol F5 yang bertugas melakukan refresh terhadap komputer Anda. Setelah itu ada pula fungsi keyboard sebagai navigasi dimana Anda harus menekan tanda panah, page up, dan page down.
2. MACAM MACAM KEYBOARD
1. Keyboard QWERTY
keyboard yang paling umum, dan dibuat mengikuti tata letak huruf yang ada di mesin tik.
2. Keyboard DVORAK
Keyboard ini lahir pada tahun 1932 dan di design sedemikian rupa sehingga tangan kanan lebih aktif daripada tangan kiri. Tata letak nya juga di design agar pengguna lebih nyaman saat mengetik. Menurut penelitian, keyboard DVORAK lebih efisien 10-15% dari pada keyboard QWERTY.
3. Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud untuk menyempurnakan keyboard jenis yang lama, dengan ada nya pemisahan antara bagian kiri dan kanan dengan sudut 15 derajat, dan di design miring ke bawah. Keyboard ini memiliki jarak anatar tombol yang lebih dekat dibanding keyboard yang lain.
4. Keyboard MALTRON
Keyboard MALTRON tidak berbentuk datar melainkan sedikit cekung ke bagian dalam. Karena pada saat jari-jari mengetik tidak membentuk garis lurus melainkan sedikit cekung. Kenyamanan dan kecepatan dalam mengetik ada di Keyboard MALTRON karena nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit.
5. Keyboard CHORD
Unik dan hanya memiliki 4-5 tombol saja, cara pakai yaitu beberapa tombol ditekan secara berrsamaan. Keyboard CHORD bila dilihat dari ukuran cocok untuk aplikasi pada portabel.
6. Keyboard ALPHABETIC
Bila dilihat sepintas, maka keyboard ini mirip dengan Keyboard QWERTY dan DVORAK, tetapi bila diamati keyboard ini memiliki tata letak yang berbeda, yaitu susunan huruf berurutan seperti alphabet. Biasanya keyboard ini digunakan sebagai mainan anak-anak, dan memperlambat kecepatan bagi tukang ketik.
7. Keyboard NUMERIC
Keyboard ini sengaja memasukan bilangan yang lebih besar dan cocok untuk pengguna tombol numerik, dengan letak tombol yang dapat di jangkau dengan mudah.
8. Keyboard Stenotype
Steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seorang. Jenis tulisan ini paling banyak digunakan oleh para wartawan untuk mencatat hasil wawancaranya dengan lebih cepat. Papan ketik Stenotype mempunyai keunggulan yang hampir sama dengan papan ketik Palantype.
9. Keyboard Palantype
Tata letak palantype mempunyai 3 kelompok karakter. Kelompok pada bagian kiri menunjukkan konsonan awal sebuuah kata, bagian tengah menunjukkan kelompok vokal dan bagian kanan menunjukkan kelompok konsonan terakhir dari sebuah kata atau suku kata.Pada gambar terlihat bahwa tidak seluruh konsonan ada disana, konsonan tsb dapat disajikan dengan menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada.
3. MOUSE
Pengertian Mouse
Mouse adalah salah satu hardware komputer yang menerima input-an berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder. Mouse dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”. Dikatakan demikian karena memang bentuk device ini menyerupai tikus yang kecil meruncing di depan dan menggembung besar di bagian belakang.
MACAM MACAM MOUSE
Mechanical Mouse. Image: information-on-computer.blogspot.co.id.
Optomechanical Mouse. Image: nesabamedia.com.
Optical Mouse. Image: quora.com.
Bus Mouse. Image: worthpoint.com.
Serial Mouse.
PS/2 Mouse.
USB Mouse.
Wireless Mouse
Fungsi mouse
Fungsi mouse sendiri pada sebuah komputer adalah mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol padamouse komputer.
4. TOUCH PAD
Pengertian Touchpad – Touchpad juga biasa disebut TrackPad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar.
~ fungsi touch pad
fungsi dari Touchpad sama dengan mouse yaitu untuk mengendalikan pointer yang tampil di layar monitor, namun kemunculan dari Touchpad tidak terlepas dari ide luar biasa untuk menciptakan komputer portable yang bisa di bawa berpindah tempat, apalagi saat ini komputer tergolong barang yang besar dan memiliki bobot yang cukup berat jika di bandingkan dengan komputer jaman sekarang.
5. LIGHT PEN
Pena cahaya adalah peranti masukan komputer dalam bentuk pena yang digunakan bersamaan dengan perangkat komputer CRT TV atau monitor. Hal ini memungkinkan pengguna menunjuk objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar, mirip dengan layar sentuh tetapi dengan keakurasian posisi lebih tinggi.
~ FUNGSI LIGHT PEN
Light Pen berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
6. JOY STICK
Joystick
Joystick adalah salah satu perangkat masukan yang memiliki fungsi sama seperti perangkat masukan yang lain, yaitu untuk menjalankan berbagai macam fungsi untuk mengendalikan komputer. Namun perangkat ini di khususkan untuk pengguna komputer yang memanfaatkan perangkatnya untuk bermain game, jadi untuk kebutuhkan selain game, anda tentu tidak bisa menggunakan perangkat ini, karena algoritma yang sudah tertanam pada perangkat joystick dan pada sistem komputer memang hanya bisa untuk program aplikasi game saja.
Terdapat berbagai macam jenis joystick yang berbeda berdasarkan bentuknya, hal ini karena kebutuhan game pada yang juga berbeda. namun bentuk joystick yang paling populer di gunakan oleh pengguna komputer saat ini adalah bentuk joystick seperti yang sering kita lihat untuk bermain playstation. Karena memang fungsi dan tombol yang tersedia cukup lengkap, selain itu pengambang game juga selalu mensupport jenis joystick yang satu ini.
~ JENIS JENIS JOY STICK
Fungsi Joystick
Fungsi joystick sama fungsinya dengan mouse hanya saja joystick digunakan untuk program game seperti game mobil, menggunakan joystick yang berbentuk stir mobil dengan menggunakan pedal gas, rem kopling, yang pastinya seperti mengendarai mobil asli.
Jenis - Jenis Joystick
1. Joystick Logitech Rumble
Jenis joystick di atas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.
2. Joystick Logitech Racing Wheel
Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil.
3. Joystick Logitech Extreme 3D Pro
Jenis joystick diatas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi skhusus untuk game pesawat terbang
7. BARCODE
Pengertian Barcode
PengertianBarcode dapat diartikan sebagai kumpulan kode yang berbentuk garis, dimana masing-masing ketebalan setiap garis berbeda sesuai dengan isi kodenya.
FUNGSI BARCODE
Fungsi barcode adalah:
1.Untuk mengelompokkan, menandai atau mengidentifikasi barang, buku atau kartu dengan lebih mudah. Pabrik menggunakannya untuk memudahkan penjualan dan penyimpanan barang. Kalau di perpustakaan, kode garis digunakan untuk memudahkan pustakawan memperoleh informasi mengenai status suatu buku, sedang dipinjam atau tidak, siapa yang meminjam dan sebagainya dengan cepat dan akurat. Identitas pemilik kartu anggota perpustakaan yang memiliki kode garis, misalnya lebih cepat diketahui dan memudahkan proses peminjaman dan pengembalian buku.
2. Untuk mengetahui harga barang. Pasar-pasar swalayan menggunakannya untuk mengetahui harga suatu barang dengan lebih cepat dan benar.
3. Untuk mengetahui tempat asal barang. Angka tertentu yang tertera pada kode garis mewakili negara dan pabrik asal barang.
4. Untuk mempercepat pengecekan barang. Pabrik akan dengan cepat mengetaui informasi tentang suatu barang dari pasar swalayan. Berapa jumlah barang yang terjual, misalnya.
5. Untuk mengurangi kesalahan pengetikan. Kesalahan pengetikan harga barang, jenis barang, asal barang dan data-data lainnya dapat dihindari jika menggunakan garis. 1. Dapat meningkatkan kecepatan dalam melayanai pelanggan.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BARCODE
Dari Segi Waktu
Kelebihan barcode yang pertama adalah efisiensi waktu. Dalam sekejap mata, dengan memindai barcode maka informasi tentang nama, jenis dan harga produk langsung ditampilkan. Sementara kode barcode online sebanyak 12-digit, ketika dimasukkan secara manual pada mesin pemindai juga menghasilkan informasi produk yang sama.
Dari Segi Persediaan Barang
Inventaris atau persediaan barang merupakan komponen besar dengan jumlah item yang sangat banyak, baik pada perusahaan barang atau jasa. Melacak inventaris satu per satu akan sangat melelahkan dan menyita waktu. Dengan bantuan barcode online maka Anda cukup memindainya untuk melacak inventaris di toko.
Dari Segi Label Produk
Menempelkan label di setiap produk dapat memudahkan komputer untuk mengenali item tersebut serta nama vendornya. Terutama jika pada label dicetak kode barcode dari setiap barang. Akan lebih mudah untuk mendata informasi tentang sebuah produk.
Dari Segi Biaya
Di awal menyediakan mesin barcode memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Teknologi barcode online memerlukan biaya yang juga sesuai dengan kelebihan yang diberikan. Meski cukup besar namun jika Anda menggunakan teknologi barcode maka dapat menguntungkan bisnis Anda dalam jangka panjang.
Kekurangan Menggunakan Barcode
Dari Segi Waktu
Barcode memang memiliki kelebihan sangat menghemat waktu. Akan tetapi jika barcode digunakan untuk kasir dan antrian nya sedang panjang, tetap saja memasukkan kode produk satu per satu membutuhkan waktu. Belum lagi jika terjadi kesalahan teknis seperti kode barcode pada produk tidak sesuai atau pemindainya pemindai barcode-nya tidak berfungsi.
Dari Segi Persediaan Barang
Saat barcode online dipindai maka informasinya ditransmisikan ke komputer dan dihitung pada persediaan barang dengan teknologi komputer. Kerugiannya yakni saat ada sejumlah barang yang sama, namun kasir hanya memindai satu barang beberapa kali untuk menghemat waktu. Padahal setiap item memiliki barcode unik dan harus dipindai secara terpisah agar tidak memengaruhi data persediaan.
Dari Segi Label Produk
Label memang memudahkan barcode scanner untuk memindai. Namun, yang dapat menimbulkan masalah yakni ketika label tersebut rusak. Hal tersebut tidak hanya menyulitkan kasir untuk memindai barcode online, tetapi bahkan bisa membuat barcode tidak terbaca. Ketika ini terjadi tentu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencatat informasi produk tersebut secara manual.
Dari Segi Biaya
Tidak hanya biaya mesin pemindai barcode yang mahal, namun prosedur untuk menjalankan sistemnya juga menguras waktu dan energi. Hal tersebut meliputi pelatihan karyawan, memasang peralatan, printer yang mahal, serta waktu yang dibutuhkan untuk memasukkan seluruh barcode online untuk label.
Itulah tadi sejumlah kelebihan dan kekurangan dari menggunakan barcode scanner. Sebagai bagian dari investasi tentu saja selalu ada plus dan minus dari pengadaan suatu sistem, termasuk pemindai barcode. Namun, yang lebih penting kehadiran barcode scanner ini sangat bermanfaat bagi bisnis Anda untuk jangka panjang.
8. CAMERA DIGITAL
Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari objek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa pada sensor CCD dan akhir-akhir ini pada sensor BSI-CMOS (Back Side Illuminated) sensor yang lebih irit daya untuk kamera yang lebih canggih yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan.
~ Fungsi CAMERA DIGITAL
Fungsi Dasar Kamera Digital. Fotografi bisa disebut sebagai proses menciptakan diam atau gambar bergerak dengan metode menangkap data langsung dengan mengamati radiasi dan menyimpannya pada media sensitif seperti film yang elektromagnetik atau sensor elektronik. Fungsi kameraKamera adalah gambar perangkat membentuk.
9. CAMERA COMPUTER
Pengertian Webcam
Webcam alias ‘web camera’ merupakanperangkat yang berupa sebuah kamera digital yang dihubungkan ke komputer atau laptop. Layaknya kamera pada umumnya, sebuah webcam dapat mengirimkan gambar-gambar secara live dari manapun ia berada ke seluruh penjuru dunia dengan bantuan internet.
Awal kemunculannya, webcam ini masih merupakan barang mahal. Tapi, seiring dengan kemajuan teknologi, sudah banyak laptop yang layarnya telah dilengkapi oleh webcam. Untuk komputer, jarang ada yang secara default dilengkapi dengan webcam, pemilik komputer harus membelinya terlebih dahulu secara terpisah.
Ada banyak jenis webcam yang terjual di pasaran. Beberapa di antaranya dapat dihubungkan ke komputer dengan menggunakan USB port, namun ada juga yang berjenis wireless. Pada umumnya webcam dilengkapi oleh sejumlah fitur seperti:
Mikrofon
Kemampuan untuk digeser dan disesuaikan posisinya (sesuai keinginan pengguna)
Sensor yang terpasang secara built-inyang dapat mendeteksi pergerakan yang ada di depannya
Lampu indikator yang ketika menyala berarti kamera tersebut tengah aktif
FUNGSI CAMERA COMPUTER
Fungsi Dan Cara Kerja Webcam. FungsiDan Cara Kerja Webcam. ... Kamera web dapat diartikan juga sebagai sebuahkamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port USB, port COM atau dengan jaringan Ethernet atau Wi-Fi.
10. Microfon dan headphone computer
Mikrofon (bahasa Inggris: microphone) adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik.Mikrofon merupakan salah satu alat untuk membantu komunikasi manusia.
~ Fungsi Microphone
(mikrofon) adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran listrik sinyal Analog untuk selanjutnya diperkuat dan diolah sesuai dengan kebutuhan, pengolahan berikutnya dengan Power Amplifier dari suara yang berintensitas rendah menjadi lebih keras.
~ KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan :
•Dapatmenjangkau jarak jauh
kekurangan:
•bagi yg pakai kabel boros
dan jika pakai wirlees.
JENIS-JENIS MICROFON
Shotgun. Mikrofon jenis ini menerima sinyal suara hanya satu arah. ...
Lapel / Lavaliere. Mikrofon jenis ini biasanya digunakan oleh pembawa acara / presenter TV. ...
Handheld. ...
Mic condenser. ...
Boompole / Fish pole
HEADPHONE
Headphone merupakan aksesori alat dengar sederhana yang hanya bisa digunakan untuk mendengarkan tanpa bisa digunakan untuk komunikasi. Biasa kualitas suara headphonebagus karena memang didesain hanya untuk audio saja sehingga sangat cocok buat kamu yang selalu mendengarkan musik.
Fungsi HEADPHONE
Fungsi headphone
Fungsi utama headphone adalah sebagai alat reproduksi suara, memang menjadikannya sebagai sebuah teknologi yang dapat menghasilkan suara atau audio yang lebih jernih.
11. Kenapa keyboard dikatakan sebagai sumber penyakit?
Para peneliti telah melakukan penelitian dengan mengusap keyboard komputer atau laptop dan mencari tahu seberapa banyak banyak bakteri yang menempel di sana. Mengejutkan, ada ribuan bakteri yang ternyata bersarang di keyboard. Tak hanya di keyboard, beberapa bakteri dan kuman juga senantiasa bersarang di mouse serta ponsel juga aksesorisnya seperti headphone dan charge.
Karena mengandung banyak bakteri dan kuman yang bersarang di keyboard sementara ia tak terlihat secara kasat mata, para ahli mengungkapkan bahwa keberadaan bakteri ini bisa menyebabkan sakit saat musim hujan tiba. Sakit yang bisa menyerang antara lain adalah flu, batuk, radang tenggorokan, pusing hingga vertigo.
Tak hanya itu saja, lebih mengerikan lagi, beberapa orang mengalami radiasi karena ia memiliki keyboard yang sangat kotor di tempat kerja. Karena radiasi ini, ia pun tidak jarang akan menurunkan kekebalan tubuhnya dan membuatnya sangat berisiko menderita berbagai penyakit serius. Bagaimana bisa keyboard menjadi tempat yang dikatakan sangat kotor dan tempat terbaik buat kuman serta bakteri bersarang?
Jawabannya adalah, keyboard adalah benda yang digunakan untuk mengetik setiap hari. Karena digunakan untuk mengetik, dipastikan bahwa jari-jari tangan menyentuh keyboard setiap harinya. Sementara itu, kita tak pernah tahu bahwa ada banyak kuman dan bakteri yang menempel di jari. Juga, ketika jika kita punya kebiasaan makan dan minum serta ngemil lantas sering kali melupakan aktivitas cuci tangan. Tanpa kita sadari, hal-hal yang sangat sederhana tersebut justru bisa membuat kuman dan bakteri senantiasa bersarang di keyboard dan berdampak buruk bagi kesehatan. Tidak sedikit pula sisa makanan yang akhirnya terjebak di dalam keyboard dan menyebabkan keyboard menjadi sangat kotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar